Tagihan Listrik Naik Saat WFH? Ini Kiat 5 Hematnya

Kebijakan bekerja dari rumah atau sekolah dari rumah mau tak mau berdampak pada meningkatnya tagihan listrik. Kondisi ini akan terus berlangsung selama efek pandemi belum mereda. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa langkah yang perlu diambil supaya tagihan listrik tidak membengkak.

Langkah penghematan perlu dilakukan agar tidak membebani anggaran bulanan. Apalagi jika sudah pinjam dana ke bank atau lembaga keuangan lainnya hingga perlu diatur kembali pengeluaran tanpa mengindahkan kewajiban finansial.

Berikut ini adalah beberapa tips hemat listrik selama bekerja dari rumah:

Batasi penggunaan lampu

Atur penggunaan lampu dengan timer secara otomatis sehingga lampu akan mati ketika sudah mulai terang. sebaliknya lampu-lampu tersebut juga akan hidup ketika sudah gelap. Pengaturan lampu di luar ruangan ini akan membantu penghematan dalam penggunaan listrik sehari-hari dengan perawatan dan pengawasan yang lebih minimal.

Sistem lampu juga bisa diatur sesuai dengan peraturan seperti layaknya lampu Hotel yang dapat mematikan seluruh lampu dalam satu ruangan ketika keluar dengan satu saklar saja. Sistem satu saklar ini sangat berguna ketika kita ingin keluar rumah dan mematikan seluruh lampu di dalam rumah tanpa harus mematikannya satu persatu.

Cabut semua saklar alat elektronik yang tidak digunakan 

Salah satu kebiasaan yang tidak disadari adalah saklar yang tidak pernah dicabut padahal tidak digunakan. Contohnya seperti charger handphone. Meskipun mengkonsumsi watt yang kecil, tetapi tetap saja sebuah contoh pemborosan listrik.

Agar bisa menghemat beberapa persen dalam satu bulan, cara ini bisa dilakukan mulai dari sekarang dengan mencabut seluruh saklar alat elektronik yang tidak digunakan. Dalam kondisi standby tersebut beberapa alat elektronik tetap akan mengonsumsi listrik.

Gunakan pengatur waktu pada AC

Cara ini tidak banyak yang tahu tetapi cukup signifikan bisa menghemat listrik. Misalnya dengan mengatur waktu aktif AC atau mesin pendingin ruangan. Atur AC misalnya akan mati secara otomatis setelah empat jam hidup.

Kebiasaan ini bisa diaplikasikan ketika malam hari. Pada umumnya temperatur di luar ruangan akan turun sehingga suhu di dalam ruangan pun akan menjadi turun. Dalam kondisi seperti itu biasanya suasana ruangan pun akan semakin dingin.

Artinya pada jam tertentu sebenarnya kita sudah tidak membutuhkan AC. Misalnya AC akan mati secara otomatis pada pukul tiga pagi. Dengan begitu ada banyak konsumsi listrik yang bisa dihemat setiap harinya.

Kurangi penggunaan alat dengan watt tinggi

Beberapa alat elektronik yang memang memiliki watt tinggi sebaiknya yang digunakan berulang-ulang dalam jangka waktu yang berdekatan. Misalnya menyetrika pakaian dua kali sehari merupakan salah satu contoh yang boros. Baiknya gunakan setrikaan sekali waktu saja sehingga bisa mengurangi beban penggunaan listrik.

Gunakan lampu LED yang hemat energi

Langkah lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan mengganti semua lampu bohlam dengan lampu LED. Lampu LED memang harganya jauh lebih mahal dibandingkan lampu bohlam biasa. Tetapi, jauh lebih hemat dan 25 kali lebih awet sehingga konsumsi listrik pun ikut turun.

Jika ternyata langkah-langkah tersebut terlambat dilakukan, jangan khawatir untuk membayar tagihan listrik yang membengkak. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pinjam dana dari Kredivo yang juga bisa dimanfaatkan untuk membayar semua tagihan termasuk tagihan listrik atau pembelian token listrik dengan mudah.

Untuk menjadi anggota Kredivo pun cukup mudah dengan memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Pengajuannya pun bisa dilakukan secara online dari rumah. Proses pendaftaran, pengajuan dan persetujuan semua benar-benar form home secara online langsung dari aplikasi Kredivo. Aplikasi Kredivo bisa diunduh dari App Store bagi pengguna iPhone atau Google Play Store bagi pengguna Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published.