Berikut Ini 5 Kegiatan Ramadhan Yang Ditiadakan Selama Pandemi COVID-19

Seperti yang diketahui bahwa Ramadhan menjadi bulan mulia serta penuh berkah yang selalu dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Selain itu, bulan Ramadhan juga selalu disambut gembira oleh seluruh kaum muslimin, tidak terkecuali oleh masyarakat muslim Indonesia. Pada bulan Ramadhan ini Alloh menjanjikan banyak kebaikan dan keberkahan serta pahala yang berlipat lipat bagi bagi mereka yang bisa memanfaatkan dengan baik bulan ini. Sehingga tidak aneh kalau bulan Ramadhan banyak orang yang melakukan berbagai ibadah. Baik itu puasa, tadarus al quran, solat tarawih, sahur, buka puasa, dan lain sebagainya.

Namun, bulan suci Ramadhan pada tahun 2020 ini akan terasa berbeda bagi seluruh umat muslim di dunia. Soalnya, umat muslim harus menjalankan ibadah shaum/puasa di tengan merebaknya virus Corona atau COVID-19.

Dengan adanya pandemi virus corona ini berimbas pada sejumlah kegiatan masyarakat yang selama ini sering dilakukan pada bulan Ramadhan setiap tahunnya, akan ditiadakan. Masyarakat juga dinajurkan untuk melakukan sejumlah kegiatan termasuk ibadah di rumah guna memutus rantai penyebaran COVID-19. Lalu kegiatan apa saja yang akan ditiadakan selama bulan Ramadhan?

Nah, dalam artikel kumpulan info Ramadhan terbaru kali ini akan menginformasikan 5 kegiatan yang dilarang dilakukan selama bulan suci Ramadhan sebagai berikut ini :

  1. Buka Puasa Bersama
    Kegiatan masyarakat yang tidak boleh dilakukan selama bulan suci Ramadhan yang pertama adalah buka puasa bersama. Sebagaimana yang kita ketahui, buka bersama di masjid menjadi salah satu aktivitas rutin masyarakat pada bulan suci Ramadhan. Bukan hanya di masjid, acara buka puasa bersama ini juga bisa dilakukan di perkantoran, sekolah, rumah makan, dan lain sebagainya. Bukan hanya sekedar buka puasa bersama, namun momen ini juga bisa dijadikan sebagai ajang mempererat silaturahim antar masyarakat. Namun sayang, selama pandemi virus corona ini, demi keamanan bersama kegiatan tersebut ditiadakan.
  2. Shalat Tarawih Di Masjid
    Salah satu kegiatan keagamaan yang identik dengan bulan Ramadhan adalah pelaksanaan shalat tarawih. Shalat tarawih ini bisa dilaksanakan di rumah maupun di masjid. Baik secara sendiri maupun berjamaah. Sejak adanya penyebaran virus corona, pelaksanaan shalat tarawih berjamaah di masjid ditiadakan. Dan dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah saja bersama keluarga.
  3. Itikaf
    Itikaf merupakan salah ibadah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan, terutama di 10 akhir bulan Ramadhan. Sama halnya seperti shalat tarawih, MUI juga menghimbau supaya bulan Ramadhan kali ini pelaksanaan itikaf di masjid ditiadakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan banyak orang di suatu tempat, dalam hal ini di masjid.
  4. Tadarus Al Quran
    Kegiatan masyarakat yang tidak boleh dilakukan selama bulan suci Ramadhan yang berikutnya adalah tadarus Al Quran di masjid. Tadarus Al Quran ini adalah kegiatan membaca atau mempelajari Al Quran secara bersama-sama. Kegiatan ini akan ditiadakan juga selama bulan suci Ramadhan tahun ini.
  5. Ngabuburit
    Ngabuburit ini memang tidak ada hubungannya dengan ibadah. Namun, tradisi ngabuburit ini sudah melekat di masyarakat Indonesia selama bulan suci Ramadhan. Ngabuburit ini adalah aktivitas berjalan-jalan ke suatu tempat yang ramai menjelang berbuka puasa. Namun, saat pendemi COVID-19 merebak aktivitas ngabuburit ini tidak dianjurkan oleh pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.