Kandungan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Hamil menjadi salah sayu moment yang paling dinantikan sebagian besar perempuan. Kehamilan merupakan momen yang membahagianakn karena seorang ibu sedang menantikan lahirnya buah hati. Tetapi, ibu hamil juga harus memperhatikan betul kesehatan dan asupan gizi yang perlu dikonsumsi.

Ibu hamil dituntut selau memperhatikan kesehatan tubuhnya dnegan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, Bukan hanya bermanfaat untuk dirinya, namun juga bayi di dalam kandungan. Maka dari itu, penting untuk seorang calon ibu harus mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil. Untuk itu artikel ini akan berbagi menganai makanan sehat untuk ibu hamil. Manfaat mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil tidak cumua berguna untuk si calon ibu atau juga buah hati. Sebelum mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil. Berikut ini nutrisis dan gizi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil.

  • Karbohidrat dan serat

Karbohidrat dibutuhkan untuk menjamin energi si ibu dan mendukung perkembangan bayi juga janin. Untuk nutrisi yang lebih maksimal, carilah makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki sumber karbohidrat uang juga kaya akan serat. Pasalnya karbohidrat dan serta merupakan nutrisi sebagai sumeber energi untuk beraktivitas.

  • Kalsium

Kalsium adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menciptakan tulang yang kuat dan pembentukan sel-sel organ tubuh pada bayi, janin, dan ibu. Makanan sehat untuk ibu hamil satu ini merupakan nutrisi penguat tulang ibu serta janin. Itulah alasannya banyak praktisis dan ilmuwan yang menganjurkan untuk setiap ibu hamil dan menyusui untuk minum susu. Setiap ibu hamil yag menyusui wajib mencukupi minimal 100 mg kalsium per hari.

  • Lemak Sehat

Lemak sehat bisa diartikan sebagai lemak tak jenuh, Setiap ibu hamil dan menyusui wajib memberikan asupan nutrisi lemak sehat sebagai cadangan energi untuk pertumbuhan janin dan bayi, Selain itu, makanan sehat untuk ibu hamil satu ini juga baik untuk pertumbuhan otak dan system saraf janin dan bayi, namun konsumsi lemak ini juga perlu dibatasi juga disikapi dnegan bukan agar tidak menyebabkan obesitas pada bayi dan si ibu.

  • Vitamin (A, B6, B12, C, dan D)

Tidak hanya tubuh si ibu, janin dan bayi juga membutuhkan vitamin pendukung untuk mendukung pertumbuhannya, Vitamin memegang peranan penting dalam menguatkan system imun tubuh, menyehatkan pencernaan, dan membantu mendukung pertumbuhan tubuh janin, ibu dan juga bayi.

  • Mineral (yodium & Zat Besi)

Didalam tubuh ibu dan bayi, terdapat sebuah kelenjar yang berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh, yaitu kelenjar tiroid. Untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroidm perlu mengkonsumsi akanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki asupan Yodium yang cukup, Asupan Yodium yang cukup dapat membantu tubuh memproduksi hormin yang mendukung pertumbuhan otak bayi. Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk mencegah janin, bayi, atau ibu yang mengalami anemia saat hamil serta menyusui, Selain itu, zat besi juga dapat menstimulasi produksi ASI yang lebih maksimal.

Perlu diketahui juga bahwa memperhatikan pola makan bukan berarti menjadikan makan yang baru menjadi hal uang menakukan. “Secar sederhana Anda bisa memperhatikan cara diet harian Anda untuk mengetahui di mana Anda busa membuat perubahan yang sehat. Juga berusaha mengetahui titik titik yang harus dikurang semcam garam, gula, lemak jenuh. Karbohidrat yang lebih menyehatkan tanpa menghilangkan rasa dan juga kenikmatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.