MAU TAHU? INILAH MASALAH YANG SERING TERJADI PADA MOTOR MATIC

Tentunya kita sebagai seseorang yang membutuhkan transportasi saat beraktivitas sering mengalami yang namanya maslah pada transportasi. Kali ini saya akan membahas lebih detail dan mengarah kepada transportasi roda dua yaitu motor matic. Tentunya ada beberapa hsl ysng hsrud diperhatikan soal kebutuhan mesin seperti oli dan bensin. Namun ada beberapa hal yang harus diketahui karena biasanya motor matic akan rentan terserang mogok karena hal lain, Penasaran masalah seperti apa saja yang sering terjadi pada motor matic? Berikut simak ulasannya.

1. Boros Aki

Hal yang pertama ini memang sudah menjadi hal yang biasa untuk pengguna motor matic. Umumnya hal utama yang menyebabkan borosnya penggunaan AKI yaitu Bore-up, Lampu HID, Stop Lamp, Kiprok dan lain-lain. Nah yang saya sebutkan tadi bisa jadi karena penggunaany yang terlalu berlebihan seperti stop lampu yang selalu dipanjer. Nah untuk kalian pengguna motor vario, Harga Aki motor Vario 125 sendiri cukup murah yaitu hanya sekitar RP250.000 saja.

2. Tarikan Gas Berat

Nah hal yang kedua ini juga merupakan masalah yang sering terjadi pada motor matic, Hal ini tentunya menjadi masalah yang sangat mengganggu karena performa motor matic 80% bergantung pada tarikan gas. Hal ini terjadi karena filter udara yang menyaring udara masuk ke dalam ruang bakar sangat kotor karena jarang dibersihkan. Biasanya hal ini sering di alami oleh orang yang sering melintasi jalan berdebu sehingga membuat saringan motor menjadi lebih harus sering dibersihkan agar tarikan gas tidak berat. Untuk itu kalian yang merasa sering melintasi jalanan berdebu lebih baik sering mengecek saringan udara minimal satu minggu satu kali.

3. Mati Mendadak

Kalian pastinya pernah mengalami mati mesin mendadak bukan? Tetunya hal ini dapat membahayakan keselamatan anda apa lagi ketika anda sedang berkendara di jalanan yang padat. Hal ini bukan tidak memiliki penyebab, Biasanya penyebab yang sering terjadi yaitu Klep yang terlalu rapat. Klep yang terlalu rapat dapat membuat mesin akan cepat panas dan hal inilah yang membuat mesin motor kalian mati mendadak. Untuk masalah yang satu ini kalian harus cepat menyerahkannya ke bengkel karena mesin motor kalian harus dibongkar untuk memperbaikinya.

4. Gas Ngadat

Nah hal ini juga menjadi masalah yang sering terjadi pada motor matic, Biasanya masalah ini akan sangat terasa apa bila motor kita sedang dalam kecepatan yang tinggi. Hal ini terjadi karena ventilator tersumbat, Ventilator sendiri juga dapat dikatakan sebagai tutup tangki bahan bakar. Tentu saja sumbatan ini yang membuat gas kita ngadat apa lagi saat dibawa dengan kecepatan yang tinggi. Untuk masalah ini kalian cukup membersihkannya dengan kompresor dan pastikan kotoran yang menyumbat lubang sudah bersih seutuhnya.

5. Rem KurangĀ  Cakram

Sebenarnya masalah yang satu ini seringkali dianggap sebagai masalah yang sepela padahal jika dibiarkan akan sangat berbahaya. Rem sendiri adalah salah satu komponen penting pada motor apa lagi untuk soal keselamatan bukan. Bayangkan jika rem kalian tidak cakram pada saat tanjakan dan jalanan sedang macet pastinya kalian akan kesulitan untuk menahan beban motor, Lalu bagaimana jika kalian sedang dalam keadaan ngebut dan ada orang yang sedang menyebrang pastinya akan sangat berbahaya. Untuk itu kalian harus selalu memastikan bahwa rem cakram kalian harus selalu terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.