6 Hal Ini Penting Diperhatikan Ibu Hamil Diusia Kehamilan Sembilan Bulan

6 Tantangan Hamil di Usia 40-an (Katarzyna-Białasiewicz/123rf)

Saat kehamilan memasuki usia trimester ketiga, pastinya perut ibu hamil sudah semakin membesar. Pastinya memasuki usia kehamilan sembilan bulan itu rasanya semakin berat dan melelahkan. Membesarnya perut sejak kehamilan minggu ke-36 inilah yang membuat ibu hamil menjadi mudah lelah. Inilah yang akan ibu alami saat sedang hamil tua. Jika ini kehamilan pertama bagi ibu, maka kepala bayi sudah mulai bergerak turun ke area panggul. Orang tua dulu biasanya menyebut, “kepala bayi sudah memasuki jalan lahir dengan mapan.” 

Usia kehamilan 9 bulan ini adanya beberapa hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil, diantaranya yaitu :

  • Gatal Gatal

Saat memasuki kehamilan 9 bulan, ibu hamil akan merasa kulitnya semakin sensitif. Biasanya ibu akan merasakan gatal yang sangat luar biasa di bagian perutnya. Rasanya ingin sekali menggaruk perut dengan sekencang kencangnya. 

Tetapi ibu harus belajar bijak dan bersabar, cukup hanya mengusapnya saja dan jangan sampai menggaruknya. Atau bisa menggunakan krim atau gel anti gatal. Tetapi jika memungkinkan sebaiknya tidak menggunakan obat obatan, cukup diusap saja. 

  • Kegiatan Sehari Hari Ibu Hamil 9 Bulan

Sebaiknya ibu hamil sudah mulai mengambil cuti menjelang persalinannya sejak usia kehamilan ke-36 supaya terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. Gunakan waktu lebih banyak untuk beristirahat. Konsumsi juga menu makanan yang bergizi serta sesuai dengan apa yang ibu sukai. Perlakukan diri ibu dengan sebaik baiknya. Mintalah pasangan dan keluarga untuk selalu memberi dukungan pada ibu setiap waktunya. 

  • Suami Banyak Berperan Dalam Urusan Rumah Tangga

Saat ibu hamil memasuki usia kehamilan 9 bulan, sang suami selain tetap menjalankan pekerjaannya tetapi sebaiknya juga sudah bisa berperan banyak dalam urusan rumah tangga. Seharusnya suami sudah bisa memasak, mencuci pakaian, membersihkan rumah, serta memandikan si kakak jika ini bukan kehamilan pertama bagi ibu. 

  • Makan Sedikit Tetapi Sering

Ini sangat penting dilakukan ibu hamil. Dengan menerapkan pola makan sedikit tetapi sering, maka nantinya saat ibu dalam masa menyusui masih bisa tetap melakukan pola makan yang seperti ini. Ibu bisa makan 5 hingga 6 kali dalam sehari. Pastikan tetap menjaga nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, mengurangi makan gorengan, serta lemak yang sulit dicerna. 

Jika berat ibu dan janin didalam kandungan sudah sangat besar, maka dikhawatirkan jika terus terusan mengkonsumsi makanan kaya lemak bisa menyebabkan bayi dilahirkan dengan berat badan berlebih yang dapat menyulitkan proses persalinan. 

  • Perkembangan Janin Pada Kehamilan 9 Bulan

Di usia kehamilan minggu ke-36,  janin akan memenuhi semua rongga rahim. Oleh karena itu janin akan menjadi tidak leluasa bergerak dan sering menendang nendang lebih keras lalu membuat ibu hamil merasa kesakitan. Kukunya juga terus tumbuh pada jari tangan dan kaki calon bayi. 

Supaya semuanya bisa terpantau dengan baik, lakukan pemeriksaan kehamilan setiap minggunya. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan semuanya baik baik saja selama ibu menjalani kehamilan bulan kesembilan ini. 

  • Selalu Berpikir Positif

Seringkali ibu hamil secara tiba tiba menangis di usia kehamilan sembilan bulan. Ibu hamil tidak tahu apa sebabnya dirinya menangis. Hal tersebut dikarenakan berubahnya keadaan hormon serta rasa lelah yang sudah terlalu memuncak. Sebaiknya ibu hamil tetap bersikap tenang dan selalu mencoba berpikir positif.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.