Tips belanja online agar tidak tertipu

main image

Belanja secara online adalah hal yang sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas orang-orang pada jaman modern. Selain memudahkan kita untuk berbelanja karena tidak perlu keluar rumah, berbelanja secara online juga memiliki keuntungan seperti promo, potongan harga, event dan sebagainya. Namun tidak selamanya berbelanja online akan mulus-mulus saja, tentunya ada kendala yang beragam seperti tertipu saat membeli. Nah kali ini kami akan memberikan tips belanja online agar tidak tertipu. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1.Periksa data penjual

Hal pertama yang harus diperhatikan saat ingin berbelanja online yaitu perikasa data atau data penjual seperti nomor telephone. Kalian harus memastikan bahwa nomor telephone yang tertera dapat dihubungi atau masih aktif. Kemudian kalian juga harus memperhatikan kontak yang tertera cukup lengkap seperti nama toko, alamat e-mail, nomor telephone dan rating yang diberikan pelanggan. Nah jika hal yang kami sebutkan di atas sudah memenuhi syarat, maka peluang kalian untuk tertipu sangat sedikit. Tetapi hal itu tidak dapat menjamin keamanan kalian saat berbelanja, karena modus yang digunakan penipu kini beragam motifnya.

2.Periksa ulasan produk

Tips yang kedua ini juga perlu kalian perhatikan dengan baik agar kalian tidak tertipu saat berbelanja. Di dalam apilikasi belanja online kini dilengkapi dengan fitur ulasan, agar pembeli dapat dengan mudah menilai kejelasan produk dan toko.  Pastikan bahwa produk yang akan kalian beli adala produk yang diambil dari perusahaan yang terpercaya. Setelah itu kalian dapat memeriksa rating dari pelanggan toko tersebut. Jika kalian memperhatikan hal ini dengan baik, dapat dipastikan kalian akan aman saat melakukan transaksi.

3.Jaga privasi

Kebanyakan pembeli malah memberikan informasi lengkap tentang dirinya sehingga penipu dapat dengan mudah untuk mengelabui. Dalam hal ini kalian jangan terlalu mudah untuk memberikan terlalu banyak informasi kepada penjual apalagi jika sudah sampai memberilan PIN atm. Jika kalian diminta untuk memberikan informasi, berikan saja informasi seperti detail kartu kredit, alamat, dan nomor telephone. Selebihnya kalian patut curiga jika ada hal-hal yang janggal saat mengisi informasi tentang diri kalian. Kalian juga harus memperhatikan apakah memberikan data tersebut tidak masalah dengan hal-hal penting yang kalian miliki, jika bermasalah maka kalian tidak perlu mengisinya.

4.Meminta foto

Saat melakukan kegiatan jual beli online kalian harus memperhatikan keaslian dari foto yang dipajang atau ditandai oleh penjual. Karena saat ini banyak sekali toko online yang memajang foto dari situs lain agar dapat menarik perhatian pelanggan. Hal ini juga termasuk salah satu bentuk penipuan yang jahat, karena ketika kita memesan produk, namun berbeda saat produk tersebut tiba dirumah. Nah untuk mengantisipasi hal ini kalian harus meminta penjual untuk mengirimkan kembali foto produk yang ingin kalian beli. Kalian bisa memintanya secara japri agar kalian tidak ragu untuk membeli.

5.Membeli di situs terpercaya

Banyak orang yang tertipu saat melakukan transaksi jual beli online dan salah satu penyebabnya adalah membeli di situs bodong. Nah jika kalian ingin aman saat melakukan transaksi jual beli online. Pastikan kalian membeli hush puppies di situs yang terpercaya. Salah satu situs yang terpercaya yaitu tidak memiliki logo gembok pada halaman depan alamat situsnya. Maka dari itu carilah situs yang memiliki logo gembok pada halaman depan situs tersebut misalnya seperti blibli.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.