Jenis dan Manfaat Buah Naga yang Jarang Diketahui

https://mdm.tanihub.com/images/10008/product/1600055981-1205060291-1.jpeg

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang banyak dibudidayakan dan diperjual-belikan di Indonesia. Buah satu ini sendiri diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000-an yang masuk dari negara Vietnam. Meski asal buah ini sendiri nyatanya berasal dari negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Penasaran mengenai seluk-beluknya? Ini dia jenis dan manfaat buah naga yang harus Anda ketahui

  • Hylocereus Undatus, Salah Satu Buah Naga yang Lebih Dulu Dibudidayakan di Indonesia Dibanding Jenis Dragon Fruit Lainnya

Hylocereus undatus memiliki ciri-ciri yang spesifik, diantaranya adalah kulit buah yang berwarna merah dengan daging buah yang mempunyai warna putih.

Buah dengan daging putih ini juga yang pertama masuk ke negara Indonesia dari negara Vietnam. Tetapi keberadaannya sendiri mulai tergantikan dengan buah naga jenis lain, yakni yang memiliki daging merah. Meski Hylocereus undatus juga tidak kalah eksis di beberapa lidah pecinta buah satu ini.

  • Hylocereus Costaricensis, Buah Merah yang Memiliki Banyak Manfaat
https://mdm.tanihub.com/images/10001/product/BuahNagaMerah.jpg

Hylocereus Costaricensis adalah salah satu buah yang memiliki karakteristik berupa kulit buah yang berwarna merah sedangkan daging buahnya berwarna lebih merah lagi. Warnanya juga segar dan enak dilihat.

Di samping tampilannya yang menggugah, buah satu ini juga memiliki banyak manfaat. Seperti kulit buahnya yang memiliki kandungan antosianin dalam jumlah besar.

Antosianin sendiri merupakan senyawa agen antioksidan yang dapat melindungi tubuh Anda dari paparan radikal bebas. Radikal sendiri berbahaya apabila Anda terpapar terus-menerus, radikal bebas berbahaya karena dapat memicu berbagai penyakit bahkan sampai penyakit kronis.

Namun, tidak hanya dapat menangkal paparan radikal bebas, Antosianin juga dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit diabetes dengan cara mengontrol kadar gula dalam darah secara otomatis. Penelitian juga membuktikan bahwa antosianin dalam buah Hylocereus costaricensis juga dicap memiliki zat anti-kanker.

Tidak hanya dagingnya saja, ternyata kulit buah satu ini juga memiliki banyak kandungan serat yang baik sekaligus dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Buah ini juga direkomendasikan untuk Anda yang diet atau berpuasa, karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Kulit buah satu ini pun memiliki manfaatnya sendiri. Diantaranya adalah bisa diolah menjadi makanan penutup yang enak dan unik, seperti selai, cake, biskuit, puding, keripik serta banyak lagi.

  • Hylocereus Polyrhizus, Buah Naga yang Banyak Dijadikan Jus dan Makanan Penutup

Hylocereus polyrhizus memiliki kulit buah yang berwarna merah dengan daging yang sama-sama berwarna merah, namun lebih keunguan. Buah ini banyak beredar di pasaran karena rasanya yang cukup manis dan sedikit asam.

Rasa buah dengan daging merah keunguan ini lebih manis dibanding buah sejenisnya. Hylocereus polyrhizus juga memiliki tekstur yang lebih lunak, itulah alasan mengapa buah dengan daging merah keunguan ini lebih banyak disukai.

Fakta uniknya, per 100 gram buah jenis ini mengandung serat sampai 3 gram. Belum lagi dengan vitamin c 10-30 mg, serta karbohidratnya yang mencapai 9 gram. Sebab itulah Anda akan kenyang lebih lama setelah mengkonsumsinya.

Selain dapat membuat Anda lebih lama kenyang, konsumsi buah satu ini juga bisa membantu menangani dan mencegah penyakit diabetes serta penuaan dini.

Itulah beberapa jenis dan manfaat buah naga. Apabila Anda memerlukan buah atau sayur dengan kualitas terbaik, maka Anda perlu menghubungi TaniHub. TaniHub sendiri adalah sebuah grup yang bergerak di bidang perusahaan agriculture technology dan telah hadir serta dipercaya sejak tahun 2016,

Leave a Reply

Your email address will not be published.