Tips Membuat Studio Untuk Vlogger di Rumah

Di jaman serba digital ini, vlog atau video di YouTube yang dibuat sebagai tutorial atau review tengah menjadi hype tersendiri.

Seperti yang diketahui untuk membuat video vlog anda bisa melakukannya di dalam atau luar ruangan. Untuk di dalam ruangan, tentunya anda membutuhkan studio untuk shooting.

Karena bagaimanapun studio menjadi salah satu faktor pemikat yang membuat netizen betah menonton vlog. Tidak perlu take di studio professional, karena anda sebenarnya bisa membuat studio kecil sendiri di tempat rumah. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Berikut cara membuat studio shooting kecil keren untuk vlog di rumah: 

  • Menyiapkan Ruangan Khusus

Perlu diketahui bahwa tidak membutuhkan tempat terlalu luas untuk membuat studio shooting di rumah. Anda cukup mengubah ruang kosong seperti gudang menjadi studio rumahan.

Bekerja di ruang yang terbatas memang sangat menantang. Dalam hal ini, menuntut banyak fleksibiltas dan kreativitas.

Di sisi lain, tidak membutuhkan banyak peralatan untuk studio shooting rumahan. Yang paling terpenting adalah ruangan tersebut mampu menampung semua perlengkapan studio.

Membuat studio shooting dengan set pencahayaan dapat menjadi rumit apabila ruangannya terlalu kecil.

Maka dari itu, untuk studio yang kecil disarankan untuk berfokus pada lensa dengan focus yang pendek.

Pilihlah lensa antara 80 mm-100mm. Hal ini bertujuan untuk mengambil gambar yang lebih besar.

  • Saatnya Menyediakan Alat Alat Utama

Setelah ruangannya siap, kini saatnya anda mendukungnya dengan pencahayaan yang prima. Anda bisa memanfaatkan lampu sorot untuk membantu pencahayaan di ruangan untuk momen momen tertentu, terutama malam hari. Kemudian ke peralatan penting lainnya seperti satu set kamera DSLR, tripod, hingga microphone.

Beberapa Youtuber ada yang menggunakan webcam, terutama konten seputar video games dan jenisnya. Dan jangan lupa, peralatan penting lainnya adalah komputer atau laptop. Pastikan didalam perangkat komputer atau laptopmu ada aplikasi sound editing atau video untuk mengemas kontenmu menjadi lebih menarik. Menggunakan pengedap suara di ruangan juga tidak menjadi masalah, meski hal ini sebenarnya sebuah opsional.

Jika sudah selesai, sekarang anda tinggal memeriksa seluruh studio shooting milik anda, lalu menutupi apa saja yang masih kurang.

  • Hal-Hal Lain yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan pada saat membuat studio shooting di rumah seperti:

  • Untuk pemilihan latar belakang, pastikan anda memilih yang melengkung di bagian bawah. Hal ini berguna untuk memantulkan cahaya sehingga hasilnya lebih lembut saat terlihat di kamera.
  • Supaya nuansanya lebih hidup, maka anda bisa menggunakan properti tambahan. Seperti tambahan kotak kayu, tumbuhan atau benda lainnya supaya lebih cantik.
  • Sebagai alternative, gunakan lampu meja yang diarahkan ke objek gambar dan pasang kertas atau kain berwarna putih sebagai pelapisnya.

Rekomendasi Studio Shooting

Jika anda tidak ingin ribet dalam membuat studio shooting di rumah, anda bisa menyewa studio shooting yang lebih luas dan lengkap fasilitasnya. Sebagai rekomendasi, anda bisa memilih Bali United Studio sebagai tempat untuk shooting anda. 

Bali United Studio beralamat di Jalan Duri Utama Raya No. 43, RT.011 RW. 007 Duri Kelapa, Kebon Jeruk,  Jakarta 11510, RW.7, Duri Kelapa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11510.

Untuk pemesanan dan informasi bisa langsung menghubungi :

Kantor Studio : +6288293353247

Deasy : +62815-8211-288

Ranggi : +62878-8001-15465 

Leave a Reply

Your email address will not be published.