12 Manfaat Bermain Game Menurut Andrew Hidayat Yang Perlu Anda Ketauhi

12 Manfaat Bermain Game Menurut Andrew Hidayat Yang Perlu Anda Ketauhi (AndrewHidayat.com)

12 Manfaat Bermain Game Menurut Andrew Hidayat Yang Perlu Anda Ketauhi (AndrewHidayat.com)

First Blood12 Manfaat Bermain Game Menurut Andrew Hidayat Yang Perlu Anda Ketauhi. Game adalah salah satu hal yang paling digemari saat ini para generasi milenial. Game terkadang membawa dampak buruk bagi perkembangan anak. Tetapi game juga memberikan berbagai dampak positif bagi para pecinta game.

Dengan membaca artikel dari Andrew Hidayat ini nanti kita harus sedikit merubah mindset kita bahwa tak selamanaya game itu membawa dampak buruk. Ternyata bermain game juga ada manfaatnya, iya sih tak semua game memberi manfaat ada juga game yang malah mengajarkan kepada kita kekerasan dan berbicara kasar.

Manfaat Bermain Game Menurut Andrew Hidayat Yang Perlu Anda Ketauhi

Telah Andrew Hidayat katakan tapi tidak semua game mengajarkan kekerasan dan berbicara kotor, ada juga game yang bertemakan edukasi dan strategi. Oleh karena itu Andrew Hidayat menyarankan jangan terlalu melarang anak-anak untuk bermain game, yang terpenting harus tau waktu dan tau game apa yang mereka mainkan. Disini Andrew Hidayat telah merangkum beberapa manfaat bermain game yang perlu anda ketauhi.

1. Meningkatkan Koordinasi Mata Dan Tangan

Penelitian telah membuktikan bahwa bermain game memang membantu untuk menigkatkan  ketrampilan koordinasi mata degan tangan, hal ini akan berdampak baik dalam presisi melakukan gerakan olahraga dan aktifitas sehari-hari.

2. Aktifitas Fisik

Tidak selalu game di mainkan menggunakan joystik, ada beberapa game yang dalam pengoprasiannya harus dilakukan dengan aktifitas fisik. Apakah itu berlari, manari, ataupun bermain alat musik. Disini peran orang tua sangat penting karena untuk memilihkan jenis game untuk anak-anak mereka yang dapat memaksa mereka untuk bergerak dalam pengoprasiaan game tersebut.

 3. Mengajarkan Kerja Sama Tim

Sangat banyak game yang bermunjulan yang harus di mainkan lebih dari satu pemain atau multi player. Dengan game yang bergenre Multi player kita dipaksa harus bekerjasa sama dalam sebuah tim untuk untuk mengalahkan tim lain. Jika ingin menang kita dituntut untuk memahami konsep kerja sama tim tersebut, dengan demikian secara tidak sadar kita telah di ajarkan unuk melakukan kerjasama antara pemain game.

4. Kebugaran

Banyak diluar sana game yang mengandung unsur kebugaran, tujuaan dari game-game tersebuat adalah untuk mengajak para pemainnya agar hidup sehat. Bahkan tidak sedikit game yang menyajikan tujuan utama permainnan mereka pada kebugaran fisik yang mendorong para pemainnya untuk menurunkan berat badan

dan membertahankan gaya hidup sehat,

 5. Kertampilan Sosial

Kurangnya ketrampilan sosial dan kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkugan sekitar secara teratur dapat merusak perkembagan pesikis anak dan bahkan dapat menyebakan depresi ringgan. Anak-anak yang pemalu dan kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan teman mereka mungkin akan lebih mudah membuka diri saat bermain sebuah game. Terutama game online, karena dengan game online anak-anak dapat berinteraksi dengan banyak orang, bahkan orang yang tidak mereka kenal.

 6. Meningkatkan Ketrampilan Ketrampilan Strategi

Bermain game juga dapat mengajarkan kita untuk berfikir lebih cerdas dalam melaklukan sebuah rintagan. Kita akan dituntut untuk  berfikir lebih kreatif  dalam perencanaan maupun strategiuntuk mendapatkan hasil akhir yang di iginkan, hal ini dapat membuat otak jauh lebih tajam serta pintar menyusun strategi yang nantinya dapat bergunauntuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari

7. Mengajarkan ketekunan

Biasanya ketika kita bermain sebuah game baru, kita akan banyak mengalami kegagalan. Hal itu lumrah terjadi dan bisa membuat kita tertantang untuk mencobanya lagi dan lagi sampai berhasil.Hal tersebut akan bermanfaat untuk bekal dalam kehidupan nyata sikap positif dalam menghadapi kegagalan akan tertanam dalam kepribadian terus mencoba dengan ketekunan dan dedikasi tanpa kehilangan keyakinan dan harapan.

8. Peningkatan Kemampuan Belajar

Kompleksitas game memberikan kesempatan untuk anak dalam menigkatkan keterampilan kognifi seperti menjegah masalah dan membaut sebuah keputusan. Vidio game telah berkembang ketitik dimana pengunanya harus mengambil kendali dan berfikir sendiri. Bahkan banyak permainan yang mendorong para pemainnya  untuk menjadi sabar dan kreativ dalam memecahkan sebuah teka-teki sebelum mereka dapat maju ke tahap berikutnya.

 9. Sportivitas Dan Adil

Sportivitas Dan Adil atau lebih dikenal fair play 

adalah nilai-nilai yang umum dikembangkan dalam olahraga dan organisasi. Game secara tidak langsung menawarkan kepada anak terhadap nilai-nilain ini. terutama saat bersaing satu sama lain.

10. Memperbaiki Mood Atau Menggurangi Stres

Stres tidak hanya dialami oleh orang tua tetapi juga anak-anak. Banyak orang tua yang menaruh harapan dan tuntutan yang besar pada anak-anak mereka dan terkadang si anak tidak suka dengan semua itu. Anak lebih jika mereka mendapatkan jatah istirahat dari rutinitas yang berbau buku dan  diperbolehkan bermain di depan komputer atau play station selama beberapa jam. Aktivitas bermain game berperan dalam merevitalisasi pikiran mereka sehingga suasana hati mereka cenderung bahagia.

11. Mengatasi Rasa Sakit

Bermain vidio game bisa menjadi sarana untuk mengatsi rasa sakit fisik atau emosional, misalnya pada orang yang sedang menderita suatu penyakit dimana hanya dapat melakukan aktifitas di dalam kamar. Hal tersebuat bermain game juga sedikit membantu mengurangi rasa sakitnya karena ke asikan bermain game.

12. Mengajarkan Ilmu Akademis

Bermain game juga bisa di manfaatkan sebagai sarana belajar. Ada banyak game yang di dalamnya terdapat unsur pelajaran  yang mengajarkan tentang Matematika, Sain, Bahasa Inggris dan mata pelajaran yang lain yang dikemas dalam konsep yang menarik dan interaktif. Bahkan sebuah survei telah membuktikan bahwa anak yang sering bermain game pasti juga pandai dalam berbahasa asing.

Kesimpulan..

Dari ke 12 manfaat positif bermain game 

yang Andrew Hidayat paparkan di atas, semuanya tergantung pada kita yang menyikapnya. Bermain game terlalu lama dan bahkan seharian game yang tadinya mempunyai manfaat akan berubah menjadi mandtorot yang tidak baik untuk kesehatan dan akan merugikan diri kita sendiri. (Andrew Hidayat/First Blood)

Salam: ZERO.id

Penulis: Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *