Cara Membuat Cincau Hijau Yang Enak

Es Jelly Cincau Pandan #JagoMasakMinggu6Periode3

Minuman tradisional di Indonesia banyak sekali. Ada minuman yang enak diminum saat musim dingin, ada yang enak selagi hangat. Minuman tradisional Indonesia juga punya kelebihan dari segi manfaatnya untuk tubuh. Seperti wedang jahe yang bisa menghangatkan tubuh dan cincau yang bisa meredakan panas dalam. Bukan hanya itu saja, cincau hijau bisa membuat badan jadi segar kembali dan mengembalikan energi. Tidak heran jika cincau hijau sering dijadikan obat yang enak. Minuman cincau hijau biasanya dimakan dengan air gula merah dan es batu. Nah, tahukah anda resep minuman kekinian ala café dan variasinya agar cincau lebih menarik? Berikut tahapannya!

  • Pemilihan Daun Cincau Harus Benar

Dalam membuat cincau hijau anda harus memilih daun cincau yang benar dan jangan sampai salah. Jika anda salah, hasil dari cincaunya terasa kurang enak dan kurang hijau. Jadi pilih daun cincau hijau yang sudah tua atau cukup untuk dibuat minuman. Cara memilih daun cincau hijau yang sudah tua adalah dari ukuran daunnya. Jika daunnnya lebih lebar dari lainnya, maka bisa dipastikan daun cincaunya sudah tua. Selain itu juga pilih daun cincau hijau yang memiliki warna lebih tua dari lainnya.

  • Siapkan Air Dan Daun Cincau 30 lembar

Setelah anda memilah daun cincaunya, saatnya anda petik dan siap hitung jumlah yang anda petik. Anda bisa memetic 30 lembar daun cincau hijau. Namun jika anda ingin buat lebih banyak, anda bisa memetic lebih banyak lagi. Anda bisa memetic 37 lembar daun cincau. Nah, untuk airnya kisaran 1 liter akan menghasilkan cincau yang kenyal dan enak untuk dibuat minuman.

  • Hancurkan Daun Dengan Air

Setelah anda menyiapkan air dan juga daun cincau hijau lumayan banyak. Saatnya mencapurkan air dan daun cincaunya. Sebaiknya anda tidak memasukkan semua daunnya ke dalam air. Anda tuangkan air ke daunnya sedikit dahulu. Nah anda hancurkan daunnya dengan meremas-remas daunnya. Anda bisa meremas daun cincaunya dengan tangan saja agar hasilnya lebih bagus untuk mengambil sarinya.

  • Siapkan Wadah Dan Saring

Setelah cincaunya diremas dan dihancurkan. Saatnya untuk menyiapkan wadah dan juga saringan. Anda bisa siapkan saringan kawat atau siapkan saringan santan. Sehingga air cincaunya lebih bersih dan tidak ada ampasnya. Anda bisa menyiapkan 2 buah wadah. Untuk hasil saringan pertama dan kemudian siapkan wadah lainnya dan saring kembali. Dengan menyaring 2 kali, air cincau hijau menghasilkan lebih bersih.

  • Diamkan Cincau Di kulkas

Anda pasti berfikir bagaimana air cincau bisa berubah menjadi jelly layaknya agar-agar? Nah, caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Dengan mendiamkan di dalam kulkas akan menghasilkan cincau yang padat dan juga kenyal. Untuk waktu yang dibutuhkan dalam menaruh air cincau agar berubah jadi kenyal hingga tak terhingga. Jadi anda bisa cek secara berkala.

  • Siapkan Air Gula Merah

Anda sudah membuat cincau hijaunya menjadi kenyal. Saatnya membuat cincau hijau menjadi minuman. Untuk membuat cincau hijau menjadi minuman mudah sekali. Anda bisa siapkan gula merah atau gula aren sesuai selera anda. Nah anda siapkan air di dalam panci dan masukkan gula merahnya. Tambahkan 2 helai daun pandan ketikan memasaknya. Anda bisa memasukkan santan kelapa jika anda ingin ada rasa gurihnya. Dengan menambahkan es batu juga lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.