5 Tips Ajukan Pinjaman dengan Bunga Rendah

Mengajukan pinjaman dengan bunga yang rendah adalah keinginan beberapa para debitur yang memang membutuhkan untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk usaha. Tetapi, rata-rata lembaga keuangan memberikan bunga yang cukup tinggi sehingga hal inilah yang membuat beberapa debitur enggan untuk mengajukan pinjaman melalui lembaga keuangan, melainkan biasanya langsung mencari pinjaman melalui keluarga atau teman terdekat.

Namun, masalahnya untuk mengajukan pinjaman kepada keluarga atau teman terdekat pun biasanya akan mengalami kendala. Sehingga satu-satunya pilihan yang lebih mudah dan ringkas biasanya dengan memilih meminjam melalui seorang rentenir. Selain prosesnya dianggap lebih cepat, bunga yang ditawarkan hampir sama dengan lembaga keuangan.

Namun demikian, di zaman serba digital saat ini ada pinjaman online yang memberikan bunga rendah dibandingkan dengan bunga pinjaman lainnya. Malahan ada banyak ecommerce yang kini ditopang oleh paylater, seperti Lazada. Cara mendapatkan Lazada paylater pun tidak terlalu sulit seperti mengajukan kartu kredit atau pinjaman di bank.

Nah, berikut ini ada beberapa tips bagaimana cara ajukan pinjaman dengan bunga rendah.

Cek dulu skor kredit yang dimiliki

Sebelum mengajukan pinjaman, cek dulu skor kredit yang kamu miliki. Caranya adalah hitung semua total pendapatan dikurangi dengan total utang yang masih berjalan. Jika total utang yang masih berjalan lebih dari sepertiga pendapatan, artinya skor kredit kamu kurang baik.

Segeralah melunasi utang-utang dengan bunga paling tinggi terlebih dahulu jika ingin mendapatkan pinjaman baru dengan bunga yang rendah. Cara ini biasanya cukup sukses selama kamu sudah melunasi utang terlebih dahulu sebelum mengajukan utang baru.

Cari yang sudah terdaftar di OJK

Jangan selalu berkompromi dengan birokrasi. Jika itu yang terbaik, pilih jalan yang memang memberikan kepastian hukum. Langkah memilih perusahaan pinjaman yang terdaftar di OJK adalah langkah yang tepat untuk memberikan kepastian hukum jika terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

OJK selalu rutin memberikan informasi perusahaan apa saja yang baru mendapatkan izin resmi. Selain itu OJK juga memberikan informasi seluas-luasnya terhadap perusahaan-perusahaan lama yang sebelumnya sudah berizin tetapi tidak memperpanjang proses perizinannya atau bahkan izinnya dicabut oleh OJK karena alasan tertentu.

Bandingkan yang bunga pinjaman rendah

Apapun perusahaannya, jangan terlalu cepat mengambil keputusan. Terlebih keputusan soal finansial bukanlah hal yang sepele melainkan perlu pemikiran yang tepat dan mendasar karena efeknya bisa berpengaruh secara jangka panjang.

Pilih yang transparan seperti Kredivo. Untuk cicilan 3 bulan Kredivo berikan tanpa bunga alias bunga nol persen saja. Cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3% dari total harga barang yang dicicil. Sedangkan untuk pinjaman dengan tenor 6 dan 12 bulan tetap diberikan bunga rendah hanya 2,6% per bulan. Bunga ini jauh lebih rendah dari standar yang ditetapkan sebesar AFPI. 

Syarat utama menjadi member Kredivo, berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin dan Pontianak. Serta memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Cari yang punya limit tinggi

Jika mencari pinjaman produktif jangan setengah-setengah. Cari yang benar-benar bisa memberikan limit yang tinggi sehingga kamu tidak perlu mencari dana talangan dari perusahaan lainnya. Cukup satu perusahaan saja sehingga kamu bisa fokus mencicil hanya dari satu perusahaan saja.

Pastikan proses pengajuan mudah

Sebagai sebuah perusahaan fintech yang membutuhkan jumlah akuisisi konsumen yang cukup tinggi, biasanya akan memberikan proses dan pengalaman mendaftar yang mudah serta instan. Itulah mengapa semua proses kini dilakukan secara online dan hanya perlu lewat satu aplikasi saja. Cobalah lewat Kredivo yang semua proses pendaftaran, pencairan dan pembayaran cicilan hanya dari satu aplikasi saja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.