4 Cara Untuk Menggembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Di Android Dan Windows

4 Cara Untuk Menggembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Di Android Dan Windows - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

4 Cara Untuk Menggembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Di Android Dan Windows – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

First BloodCara Untuk Menggembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Di Android Dan WindowsSobat pasti pernah mengalami kehilangan file atau data di PC dahkan di android baik itu di hapus secara segaja ataupun tidak sengaja, tapi tenang file-file tersebut sebenarnya dapat dikembalikan seperti sediakala degan sobat menggikuti tutor yang akan saya berikan di artikel ini. Di artikel inilah saya juga akan berbagi

Menggembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Di Android

1. Menggunakan aplikasi Undeleter
Untuk mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen di android kita membutuhkan aplikasi yang bernama Undelete sebuah aplikasi yang dapat anda manfaatkan untuk membantu dalam mengembalikan file yang terhapus di ponsel android, baik itu secara sengaja atau tidak. Bahkan aplikasi recovery satu ini bisa membaca file yang ter-format dalam sebuah SDCard atau ponsel yang sudah di reset ulang.
Kelebihan aplikasi Undeleter sendiri dibanding aplikasi lainnya ialah mampu  mengembalikan file terhapus permanen dalam jarak waktu tertentu, jadi jika suatu file yang ter-delete cukup lama aplikasi ini kadang masih mampu untuk mendeteksi dan melakukan restore ulang. Tapi kelemahannya aplikasi ini hanya mau berjalan jika Android sobat sudah dalam keadaan di Root.

Sobat dapat mendownloadnya di Playstore sobat masing-masing, jika sudah sobat download saatnya menjalankannya simak caranya degan baik ya..

  1. Pastikan Hp sobat sudah berhasil ter Root
  2. Buka aplikasinya
  3. Tap dan pilih path / lokasi penyimpanan untuk menentukan media penyimpanan yang data nya / berkas nya akan sobat restore (mengembalikan file yang sudah terhapus).
  4. Klik Scan Storage untuk menjalankan pemindaian pada media penyimpanan. Setelah memindai SD Card, aplikasi ini akan menampilkan daftar semua file yang pernah sobat hapus.
  5. Setelah menemukan berkas yang sobat cari, tekan dan tahan agak lama pada file / dokumen yang telah terhapus tersebut lalu tap restore. Jika file tersebut tidak rusak, aplikasi ini mampu memunculkan kembali file tersebut degan sempurnya.
  6.  Selesai

2. Menggunkan aplikasi Dumpster “Tanpa Root”

Sebuah aplikasi android yang bisa di ibaratkan Recycle Binjika ada di komputer dan bisa di bilang  lebih tepatnya untuk menampung file, foto atau data yang di hapus. Aplikasi ini dapat berjalan tanpa hak akses root di android kita

Fungsinyapun  sama seperti Recycle Bin yang ada pada PC. Kita bisa mengembalikan semua file yang terhapus tersebut jika sebelumnya android sobat sudah terinstal aplikasi Dumster. Jadi Dumster digunakan untuk menanggulangi masalah file yang terhapus tersebut. Cara mengembalikan file, foto dan data yang terhapus di android menggunakan Dumster, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

    1. Pertama sobat harus Download dan instal aplikasinya di playstore
    2. Buka aplikasi Dumpster.
    3. Ketika sobat membuka apliasi ini untuk pertama kalinya sobat disuruh memilih file-file apa saja yang ingin ditampung oleh Dumpster. Setting sesuai keinginan sobat.
    4. Setelah selesai mengembalikan file yang diinginkan, sobat bisa menghapus secara permanen file-file lainnya yang sudah tidak dibutuhkan agar tidak memenuhi penyimpanan internal android, karena akan berdampak lemot untuk gadget itu sendiri.
  1. Cara menghapusnya, masuk ke menu pengaturan (atas kiri) dan pilih “Empty Dumpster.”
  2. Selesai

Menggembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Di Windows

Seperti yang kita tahu bahwa file yang di hapus di komputer akan otomatis tersimpan di Recycle Bin
tapi yang saya maksud disini bagaimana cara mengatasi file yang sudah terhapus di Recycle Bin
atau sudah terhapus secara permanen.
Pada dasarnya data yang sobat hapus dari komputer atau laptop yang telah sobat delete itu sebenarnya tidak benar hilang meskipun anda hapus. Karena apa? Karena ada sebuah sistem yang tugasnya menampung file yang kehapus itu. Nah bagaimana cara mengembalikan file tersebut.. ?  saya akan memberikan 2 tutorialnya di bawah ini.

1. Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Menggunakan Software

  1. Pertama Download Software 7-Data Recovery Suite di http://7datarecovery.com/file/7data-recovery-suite.exe
  2. Instal dan buka aplikasinya
  3. Kemudian pilih salah satu mode atau opsi pemulihan yang diinginkan. Pada kali ini saya menggunakan Deleted Recovery atau Pemulihan file yg telah didelete, sobat juga bisa mencoba yang lainnya.
  4. Kemudian akan muncul window seperti gambar di bawah ini. Disini sobat dipersilahkan untuk memilih drive yg ingin dipulihkan. Klik next untuk melanjutkan.
  5. Kemudian akan muncul direktori-direktori yang menurut program terdeteksi memiliki data yang terhapus atau tidak sengaja terhapus. Disini sobat bisa memilih direktori mana saja yang ingin dipulihkan datanya, seperti gambar di bawah ini.
  6. Setelah dilanjutkan maka sobat dipersilahkan untuk memilih direktori mana nantinya hasil pemulihan di letakkan, seperti gambar dibawah ini.
  7. Kemudian tunggu proses nya selesai dan hasilnya bisa dilihat seperti gambar dibawah.
  8. Silahkan cek direktori yang sebelumnya digunakan sebagai tempat hasil pemulihan, maka akan tedapat folder baru. Didalamnya berisi direktori folder letak file asli dimana file yang dipulihkan terhapus.
  9. Selesai

 2. Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Tanpa Menggunakan Software

Update : Tutorial di bawah berfungi jika sobat sudah membuat System Restore Point di Windows, mohon maaf untuk saat ini saya belum bisa memberikan tutorial cara membuat System Restore Point di Windows. Mungkin akan saya tambahkan di artikel ini atau saya akan membuat artikel batu yang khusus membahas hal tersebut. 

  1. Tentukkan letak  folder dari  file tersimpan yang sebelumnya secara tidak sengaja sobat hapus.
  2. Jika sobat sudah menentukkan filenya lalu klik kanan di folder tersebut maka akan muncul seperti gambar di bawah lalu anda klik Restore previous.
  3. Tentukan tanggal sesuai kapan sobat secara tidak sengaja menghapus filenya untuk  mengembalikan bentuk dan isi dari folder tersebut.
  4. Apabila sudah tentukkan tanggalnya klik Restore maka akan muncul window peringatan, klik Restore.
  5. Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
  6. Selesai

Itulah tutorial-tutorial mengenai Cara Untuk Menggembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Di Android Dan Windows, tutorial tersebut tidak akan berhasil jika sobat hanya membaca saja dan tidak di paktekannya. (Andrew Hidayat/First Blood)

Salam: ZERO.id

Penulis: Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *