Bisakah Anjing dan Kucing Hidup Bersama?

Bisakah Anjing dan Kucing Hidup Bersama - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Bisakah Anjing dan Kucing Hidup Bersama – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Persahabatan terbaik terbentuk di antara berbagai spesies. Jadi anjing dan kucing bisa hidup berdampingan dengan mudah, tanpa masalah. Tetapi pertama-tama kita harus memiliki beberapa tindakan pencegahan dan banyak kesabaran, untuk membentuk koeksistensi yang harmonis antara anjing dan kucing.

Pepatah terkenal “mereka seperti anjing dan kucing”

Kita telah mendengar kalimat ini berkali-kali, dan ini merujuk pada ketika dua orang yang tidak rukun. Pada kenyataannya kita bisa menerapkannya dengan cara berikut: Ada anjing dan kucing yang bisa dibawa dengan sangat baik, tetapi ada yang tidak. Kita harus mengetahui karakteristik yang dimiliki masing-masing spesies, kebutuhan yang dimiliki masing-masing spesies, cara merawatnya dan belajar beradaptasi di lingkungannya.

Anda harus tahu jelas tentang dua karakteristik yang dimiliki hewan peliharaan ini:

Kucing lebih mandiri, membutuhkan ruang sendiri dan tidak perlu membawanya keluar untuk jalan-jalan setiap hari atau membawanya untuk buang air atau berolahraga. Kucing mencari tempat untuk mengasah kuku dan nampan di mana ia akan melakukan aktifitas sehari-harinya.

Sebaliknya, anjing adalah hewan yang lebih mudah bergaul, membutuhkan kontak dan kehangatan manusia untuk merasa bahagia. Mereka suka diajak berjalan-jalan keliling kota sambil menatap keriuhan kota.

Bisakah Anjing dan Kucing berada dalam satu ruangan?

Kami tidak bisa memperlakukan anjing dan kucing dengan adil. Mereka juga menyadari betapa berbedanya mereka, sehingga mereka perlu waktu untuk beradaptasi.

Semakin muda mereka, semakin baik adaptasinya

Lebih baik memelihara anjing dan kucing disaat mereka masih kecil. Jadi membuat mereka dapat hidup berdampingan menjadi lebih mudah. Karena mereka akan beradaptasi dengan mudah dan menerima teman-nya satu sama lainnya dengan cepat dan mudah.

Anda harus tahu bahwa biasanya anjing atau kucing akan memberikan penolakan jika dalam lingkungannya terdapat hewan peliharaan baru. Hal ini karena mereka sudah merasa memiliki keluarga sebelum anggota baru mereka datang walaupun mereka berasal dari spesies yang sama. Pasti akan ada penolakan oleh mereka yang telah lama tinggal dirumah.

Mereka punya teritori (daerah kekuasaan) Sendiri

Hal ini berarti bahwa mereka akan mempertahankan daerah kekuasaan mereka di dalam rumah. Mereka akan mempertahankannya agar tidak dilanggar oleh anggota baru yang akan masuk.

Terkadang terjadi pertengkaran diantara mereka jika salah satu dari mereka melanggar teritori yang telah mereka miliki. Hal ini juga dapat terjadi jika salah satu dari mereka mendekati tuan rumah.

Hal ini merupakan sifat mendasar bahwa anggota yang baru akan mendapatkan cinta yang sama dari pemilik. Dan mereka juga akan mendapatkan teman bermain.

Jika kedua jenis hewan ini dapat bergaul dan saling mencintai munkin tidak menjadi masalah. Yang akan menjadi masalah adalah ketika mereka makan. Dikarenakan mereka akan menganggap bahwa yang lain akan merebut makanannya. Terkadang sedikit geraman dan taring akan mewarnai hal ini.

Oleh karena itu disarankan agar mereka terbiasa satu sama lain, mereka harus makan dan tidur di tempat yang terpisah. Seiring berjalannya waktu mereka akan menjadi akur. Hal ini karena mereka sudah rela berbagi segalanya seperti mainan, tempat tidur bahkan makanan.

Kecemburuan

Kecemburuan adalah penghalang utama untuk menjadikan mereka akur dan harmonis, kita sebagai pemilik harus menghindari rasa kecemburuan masing-masing dari mereka. Pemberian kasih sayang haruslah sama untuk mereka, baik itu anjing maupun kucing.

Mereka memberi kita pelajaran kebaikan dan kemurahan hati.

Sering kita melihat video viral di social media yang menunjukkan seekor kucing menyusui anak anjing ataupun sebaliknya seolah mereka adalah anak dari binatang peliharaan anda.

Binatang peliharaan dapat berbagi ruang, permainan dan keluarga. Tetapi pemilik harus memberikan dan menghormati ruang yang mereka miliki. Untuk menjadikan anjing dan kucing dapat akur dan hidup harmonis dalam satu rumah, anda harus memiliki kesabaran untuk mencapainya. (Andrew Hidayat/FirstBlood.co.id)

Salam: ZERO.id

Penulis: Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *